Kamis, 21 Juli 2011

Mengetahui Khasiat dan Keunggulan Belut

Kalau anda berminat ternak belut,sebaiknya anda mengetahui berbagai keunggulan dari komoditas ini,baik prospek pasarnya,khasiat,kelezatannya,maupun kandungan gizinya.Prospek pasar lokal dan ekspor belut memang masih sangat besar Untuk pasar lokal,permintaan belut hidup di jabodetabek.mencapai sekitar 20 ton per hari.Begitu pula permintaan belut di berbagai daerah lain di Indonesia,mencapai ratusan kilo hingga hitungan ton per hari.Tren permintaan belut terus meningkat dari tahun ke tahun.belut memang hewan konsumsi yang tidak mengenal tren dasn musim sehingga serapan pasarnya stabil dan cenderung meningkat.Beberapa sector industri yang menjadi peluang besar belut ini,rumah makan,restoran,dan industri pengolah belut.
Sama halnya dengan pasar lokal,permintaan ekspor belut pun sangat tinggi hingga mencapai ratusan ribu ton per tahun.Negara tujuan ekspor komoditas belut,diantaranya Hongkong, Cina, Jepang,Taiwan,Singapura dan Malaysia.Salah satu tujuan ekspor yang paling besar yakniJepang yang permintaan impornya mencapai 130 ribu ton per tahun. Salah satu makanan hjasil olahan belut yangv terkenal di jepang adalah unagi,yakni belut diolah dengan cara dipanggang.Makanan ini merupakan salah satu makanan bergengsi di jepang dan harganya mahal.
Salah satu keunggulan belut yang lainnya adalah kandungan gizinya (protein dan energi) tinggi serta cita rasa hasil masakannya lezat sehingga banyak digemari.Belut memiliki kandungan energi yang tinggi dibandingkan dengan telur ayam dan daging sapi.Sementara itu,kandungan proteinnya lebih tinggi sekitar 305 dibandingkan dengan protein pada telur ayam.belut juga mengandung asam amino,kalsium serta,vitamin A,B12,dan E.
Selain berbagai masakan belut yang sudah banyak dikenal,terdapat juga peluang bisnis,pengembangan,produk olahan berbahan baku belut seperti bakso,sosis,nugget,empek-empek,otak-otak,dan makanan ringan lainnya.
Selain itu,belut dapat dimanfaatkan sebagai obatdan suplemen penunjang kesehatan manusia.Berikut beberapa khasiat belut:
  1. Lendir dan darah belut belut berguna seebagai obat katarak.
  2. Tulang belut (kandungan kalsium yang tinggi) unyuk bahan campuran susu.
  3. Makanan olahan seperti pepes belut berguna bagi orang yang sulit mendapatkan keturunan.
  4. Kepala belut berguna bagi penderita impotensi.
  5. Belut mampu menekan hepatitis stadium I,II,III (sebelum sirosis dan kanker hati).caranya,masukkan tiga ekor bibit belut hidup ke dalam wadah tahan panas,kemudian masak bersamanasi.belut akan mengeluarkan ekstrak zinc.Minum ekstrak yang dihasilkan 2-3 hari sekali.
  6. Belut mampu mengatasi DBD (demam berdarah). Caranya,kupas bibit belut,potong-potong, lalu hancurkan sperti membuat jus dan tambahkan madu.
  7. Memicu hormone ASI.caranya,dengan mengkonsumsi belut tim atau pepes belut tim atau pepes belut
  8. Bibit belut dapat dimanfaatkan untuk mengatasi busung lapar.Caranya,rebus 1 ons(5-7 ekor) bibit belutbersama tujuh gelas air hingga tersisa 5 gelas.Minum air rebusan ini pada pagi,siang dan sore hari.
  9. Berguna sebagai obat kanker stadium ringan
  10. Dapat menekan atau memperlambat menopause
  11. Darah belut berguna untuk menghilangkan kutil dan mata ikan.
Pengobatan sebaiknya dilakukan menggunakan bibit belut.pasalnya kandungan kolesterol bibit belut lebih sedikit dibandingkan dengan belut dewasa.Selain itu kandungan beberapa jenis lemak pada benih belut biasanya belum muncul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar